Verifikasi dan Validasi Data Individu GTK di Situs gtkedit.data.kemdikbud.go.id

No Comments
Bagi rekan yang berprofesi sebagai guru atau tenaga kependidikan tentu tahu yang namanya aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidik). Aplikasi ini merupakan sumber data bagi pemerintah dalam penyaluran bantuan atau aneka tunjangan  seperti BOS, Tunjangan Sertifikasi, Tunjangan Non PNS, Tunjangan Kualifikasi  Pendidikan, Inpasing Guru Non PNS dan lain-lain. Karena pentingnya aplikasi Dapodik ini, maka kualitas data yang dinputkan harus benar karena bila salah maka akan berakibat kepada tidak cairnya tunjangan-tunjangan di atas.

Guru atau tenaga kependidikan semestinya tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab input data kepada operator dan acuh (tidak mau tahu) terhadap kebenaran dan kualitas data di Dapodik . Guru dan tenaga kependidikan harus senantiasa proaktif memantau data pribadinya di Dapodik sehingga bila ada data yang salah maka secepatnya dapat diperbaiki.

Untuk keperluan tersebut, Dapodik telah mengakomodirnya dengan tersedianya menu login untuk masing-masing GTK. Bila belum mengetahui caranya, bisa tanya ke operator sekolah, dan operator sekolah harus memberikan akses kepada GTK untuk melihat data  GTK tersebut di dapodik melaui akun masing-masing GTK. . Sedangkan untuk memantau data pribadi GTK yang telah disinkronisasi dapat dilihat di laman http://www.dapodikdasmen.kemdikbud.go.id atau di laman info GTK yang beralamat di 223.27.144.195:8081 , 223.27.144.195:8082 , 223.27.144.195:8083 , 223.27.144.195:8084 , 223.27.144.195:8085 , 223.27.144.195:8086 .

Baru-baru ini bahkan telah diluncurkan situs  baru untuk perbaikan data GTK secara online. Untuk bisa masuk ke situs  tersebut GTK harus mendaftar terlebih dahulu, dan bila telah mendapat persetujuan maka GTK bisa mengedit data dirinya sesuai dengan bukti fisik yang dimiliki.

Bagi yang masih bingung cara mendaftar di situs tersebut, di bawah ini akan diuraikan langkah-langkah mendaftar disertai dengan gambar untuk lebih memperjelasnya. Sebelum melakukan pendaftaran, scan dulu KTP anda dan simpan di komputer/laptop dalam format jpg dengan ukuran piksel yang tidak terlalu besar (dibawah 100 piksel).
  1. Buka laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id/login/ . Setelah jendela aplikasi terbuka, pilih menu `mendaftar akun` yang posisinya berada di sebelah kiri bawah.
  2. Isi form isian yang ada dengan benar. Pada isian password, buat password yang mudah diingat dan catat password agar tidak lupa. (passwordnya bisa sama dengan password email atau bisa buat password baru. Saran saya buat password baru yag berbeda dengan password email).
  3. Di bagian akhir form isian, upload file KTP dalam bentuk jpg dengan ukuran yang sudah diperkecil. Jika KTP telah di upload, klik mendaftar.
  4. Pendaftaran telah selesai dan tingga menunggu persetujuan dari admin. Jika ingin tahu akun kita telah disetujui atau tidak, di halaman awal situs pilih  menu `Cek Status Akun`.
  5. Perlu beberapa jam pendaftaran kita disetujui admin, jadi tunggu saja minimal 1 x 24 jam.
  6. Bila akun telah disetujui, kita bisa masuk lewat akun dan password yang telah didaftarkan. Kemudian lihat data yang ada, bila ada kesalahan bisa di edit disesuaikan dengan bukti fisik yang ada.







Sumber http://lintaspenaku.blogspot.co.id/2017/04/verifikasi-dan-validasi-data-individu.html

Silahkan Komentarmu

back to top